lapangan sepak bola

Tips Mengenali Jenis Rumput Lapangan Sepak Bola

Ibaratkan seperti pelukis yang sedang menggambar dikanvas, lapangan untuk bermain sepak bola pun menjadi tempat untuk berkarya. Segala macam karya dapat dilakukan bagi pesepakbola dalam melakukan permainan sepak bola.

Sepak bola adalah sebuah olahraga yang dapat dilakukan dimana saja. Sepak bola sendiri hanya dapat dimainkan di atas rumput di sebauh lapangan luas. Yang mana dalam permainan sepak bola bisa dimainkan dimanapun, asal areanya pun harus sedikit datar.

Semua itu tidak luput dari lapangan yang memiliki rumput hijau, termasuk ukuran yang sudah menjadi standar dalam permainan sepak bola. Dan harus terdapat dua buah gawang yang dianggap paling ideal untuk dapat memainkan sepak bola saat ini.

Di lapangan berumput itu, pemain akan bisa lebih leluasa dalam bergerak yang dapat menunjukkan kemampuannya. Dengan bermain di dalam lapangan sepak bola yang berumput, pemain akan aman dengan resiko cedera yang minimal.

lapangan bola
desain rumput lapangan bola

Sepak Bola Sebaiknya Dilakukan di Lapangan Yang Berumput

Untuk dapat bermain sepak bola, anda bisa melakukan di sebuah lapangan yang luas namun berumput. Karena itulah sepak bola lebih banyak dimainkan di atas lapangan bola yang berumput.

Rumput merupakan sebuah tanaman monokotil yang hampir sama dengan Poaceae atau biasa disebut dengan Graminae. Yang mana bagian pada rumput tersebut terdiri atas batang, daun dan organ reproduktif, serta pada bagian bawahnya berupa akar. Daun rumputnya pun terbagi menjadi dua yaitu Blade dan Sheath.

Dimana kedua bagian tersebut terhubung dalam jaringan meristem atau jaringan yang mnejadi awal dari pertumbuhan sehelai rumput. Berbeda dengan tanaman lain yang mempunyai jaringan mesitem pada pucuk daun. Dengan begitu, rumput menjadi bertoleransi terhadap tekanan yang dipijak kaki dan pemangkasan.

Inilah 4 Jenis Rumput Yang Digunakan Pada Lapangan Bola

  • Zoysia Matrella (ZM)

Zoysia Matrella (ZM)

Rumput jenis ini biasa disebut juga rumput Manila. Yang mana jenis ini adalah rumput yang paling bagus yang bisa digunakan pada lapangan sepak bola. Tidak hanya warnanya saja yang baik, elastisitas rumput ini memang terbaik dan membuat bola bergelinding dengan baik di atas lapangan.

  • Cynodon Dactylon (CD)

Cynodon Dctylon (CD)

Jika memakai rumput ini bisa disebut dengan rumput bermuda. Kulaitas yang dimiliki oleh rumput ini nyaris sama dengan jenis rumput yang sebelumnya. Akan tetepi, kekuatan akar dari rumput Cynodon Dactylon tidak dapat bertahan lama seperti rumput ZM. Yang mana rumput tersebut mudah terangkat ketika diinjak oleh pemain bola.

Pada warna CD tidak memiliki warna yang pekat seperti rumput ZM. Tetapi masih cukup hijau ketika ditanaman di dalam sebuah lapangan yang luas. Untuk merawat jenis rumput ini pun bisa dikatakan sanagat rumit, yang membuatnya jarang dipakai di dalam lapangan sepak bola.

  • Axonopus Compressus (AC)

Axonopus Compressus (AC)

Biasanya rumput berjenis ini dapat ditemukan di taman ataupun alun-alun kota. Karena pada jenis rumput ini memiliki akar yang baik dan berdaun lebih lebar ketimbang dua jenis rumput sebelumnya. Dengan demikian, rumput ini biasa disebut rumput gajah. Dimana permukaan daunnya yang lebar membuat rumput tersebut lebih cepat rusak.

Tingakat warna di rumput ini pun terbilang baik, tetapi jika merawatnya tidak begitu baik. Maka warnanya gampang sekali berubah kekuningan dan pucat. Jenis ini sering dilihat pada stadion klub-klub di Indonesia.

  • Rumput Sintetis (Artificial)

Rumput Sintestis (Artificial)

Jenis rumput sintetis atau yang disebut juga buatan ini merupakan rumput yang biasa digunakan di beberapa stadion ternama di dunia. Dikarenakan bentuk rumput ini menyerupai dengan rumput asli karena di desain dan matrial dasarnya pun dibuat agars sesuai dengan kemiripan rumput asli.

Jika menggunakan rumput jenis ini, maka dari itu pengelola stadion tidak khawatir mengenai kondisi lapangan yang menjadi buruk atau mati. Selain itu juga tidak memerlukan air untuk melakukan penyiraman rutin.