sepak-bola

Tehnik Dasar Sepak Bola dan Penjelasannya

Untuk dapat melengkapi materi mengenai tips dan tehnik dasar sepak bola maka dengan ini kita akan membahas sedikit gambar dan penjelasannya tentang tehnik dasar sepak bola bagi pemula.

Dengan cara melihat gambar dan penjelasanya akan mempermudah bagi kita untuk bisa mempelajari dan mempraktekannya dalam berbagai tehnik dasar yang wajib dimiliki bagi seorang pesepakbola. meski untuk bisa menjadi pemain sepak bola profesional tidak harus menguasai berbagai tehnik dasar permainan ini.

Dimana tehnik permainan sepak bola meliputi tehnik menendang bola (kicking), menghentikan atau mengontrol bola (stoping), menggiring (diribbling), menyundul (heading), mengambil bola dari lawan (tackling), lemparan kedalam (throw ini_ dan menjaga gawang (goal keeping).

Dengan begitu, saya akan menjelaskan beberapa tehnik menendang, menghentikan dan menggiring bola di sebuah olahraga sepak bola. Untuk itu kita bersama-sama untuk mengupas satu persatu masing-masing tehnik yang harus bisa dikuasai sebagai pemain sepak bola.

Teknik menendang bola
Teknik menendang bola

Tehnik Menendang (Kicking)

Dalam menendang bola dalah salah satu hal yang paling dominan dalam permainan sepak bola. Yang mana menendang bola bertujuan untuk memberikan umpan (passing) dan melepaskan tembakan kearah gawang (shooting at the goal). Maka dari itu, bagian kaki ke bola untuk menendang bisa dibedakan menjadi beberapa macam seperti menendang kaki bagian dalam, menendang dengan kkai di bagian luar dan menenadang dengan menggunakan punggung kaki.

Tehnik menghentikan bola
Tehnik menghentikan bola

Tehnik Menghentikan Bola Dengan Baik

Bermian sepak bola, tidak hanya sekedar menendang bola saja namun pemain harus mampu menghentikan bola dengan baik dan benar. Untuk menghentikan bola adalah salah satu tehnik dasar yang terdapat di sebuah sepak bola yang penggunaanya bersamaan dengan tehnik menendang bola.

Manfaat dalam berhentikan bola adalah agar mengontrol bola, yang termasuk didalammnya adalah dalam mengatur tempo permainan, sebagai pengalihan permaina dan memudahkan dalam mengumpan. Dengan begitu, terdapat analisis gerakan sebagai berikut:

  • Posisi badan harus sejajar dengan datangnya bola.
  • Kaki harus mengarah ke bola dengan lutut yang sedikit menekuk.
  • Kaki yang untuk menghentikan bola harus diangkat sedikit dengan permukaan dalam bagian kaki ke arah depan dengan sejajar dengan datangnya bola.
  • Bola harus menyentuhkan kaki pada bagian dalam atau mata kaki.
  • Kaki yang untuk menghentikan bola harus mengikuti arah bola.

Tehnik menghentikan bola tidak harus dengan menggunakan kaki saja, dimana dapat digunakan punggung kaki, paha, dada, dan juga kepala.

Tehnik menggiring bola
Tehnik menggiring bola

Tehnik Menggiring Bola Dengan Benar

Dasar dari tehnik menggiring bola adalah menendang secara perlahan, maka dari itu bagian kaki yang akan digunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang digunakan dalam menendang bola.

Dalam hal menggiring bola memiliki tujuan seperti untuk mendekati jarak ke sasaran, melewati lawan dan memperlambat tempo permainan. Dengan hal tersebut, saya akan menjelaskan posisi badan ketika menggiring bola dengan menggunakan kaki pada bagian dalam:

  • Posisi kaki untuk menggiring bola harus sama dengan posisi menendang bola.
  • Menggiring bola kaki tidak boleh ditarik kedalam, namun harus mengayunkan kearah depan.
  • Harus dilakukan di tiap langkah, secara teratur bola di sentuh atau didorong secara bergulir namun terarah.
  • Bola yang digiring harus berada di dekat kaki agar dapat dikuasai dengan baik.
  • Ketika menggiring bola, kedua lutut harus sedikir meneukuk agar mempermudah dalam menguasai bola.
  • Saat kaki menyentuh bola, pandangan ke arah bola dan selanjutnya harus melihat situasi di dalam lapangan.